Muntok (Antara Babel) - Pos TNI Angkatan Laut Muntok, Kepulauan Bangka Belitung, mengungkap kejadian kapal tongkang atau "tugboat" TB Dwi Prima 1 yang tenggelam di perairan Karang Aji, Kabupaten Bangka Barat, karena dihantam gelombang besar dan angin kencang.


"Kejadian tenggelamnya kapal milik PT Wintermar itu pada Jumat (17/1) malam di perairan Karang Aji tidak jauh dari Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok," ujar Komandan Pangkalan Angkatan Laut Bangka Belitung Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa melalui Komandan Pos AL Muntok Lettu Laut (P) Agus Heriansyah di Muntok, Rabu.


Ia menjelaskan, pada kejadian di koordinat 02 05 577 S-105 06 276 T itu tidak sampai menimbulkan korban jiwa, namun bangkai kapal tidak bisa dievakuasi karena perairan tersebut cukup dalam, yakni sekitar 27 meter.


Menurutnya, tugboat itu tenggelam karena diterjang gelombang dan kandas menghantam karang saat dari akan merapat ke perairan Muntok dari lokasi tanker Expan yang berada di perairan Tanjung Ular.


"Pada saat itu kapal diterjang angin kencang sehingga badan kapal menghantam karang dan mengalami kebocoran cukup parah dan akhirnya tenggelam, beruntung empat orang kru kapal berhasil dievakuasi dengan selamat ke pinggir pantai," katanya.


Ia mengatakan, kapal milik PT Wintermar Jakarta tersebut pada awalnya sudah mendapat peringatan dari pihak pelabuhan agar tidak berlayar, namun awak kapal memaksakan untuk berlayar.


Pada awal kejadian itu, kata dia, pihaknya mendapatkan laporan peristiwa itu langsung menugaskan tiga orang anggota Pos AL Muntok ke tempat kejadian dengan menggunakan sped boat untuk melakukan pengecekan.


"Pada saat kami berhasil merapat ke kapal yang belum tenggelam, kami segera melakukan pengecekan kondisi kapal dan memasang pompa untuk membuang air yang sudah masuk ke badan kapal tersebut, namun kondisi kapal semakin memprihatinkan karena kebocoran semakin parah," kata dia.


Mendapati kapal yang semakin parah ditambah cuaca laut yang tidak mendukung itu, anggota TNI AL mengimbau kepada kru kapal untuk segera meninggalkan kapal demi keselamatan jiwanya.

         "Kami evakuasi keempat kru kapal masing-masing Hasan Mustofa (masinis 1), Maman Rokhman (masinis 2), Yance T Sijabat (Mualim 1) dan Husain (juru mudi) dengan menggunakan sped boat Pos AL menuju Dermaga Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, mereka dalam kondisi selamat," kata dia.

Pewarta: Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014