Muntok (Antaranews Babel) - Bupati Bangka Barat Parhan Ali meninjau kesiapan posko terpadu yang didirikan untuk menangani korban banjir di Muntok.

"Bupati Parhan Ali bersama Sekda Yunan Helmi sekitar pukul 20.30 WIB tiba di posko terpadu yang berada di Gedung BUMD Bangka Barat dan sempat bertemu dengan para petugas jaga tim gabungan," kata Kepala Bagian Komunikasi Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Henry Firsanto di Muntok, Minggu.

Ia mengatakan berbagai bantuan pemerintah daerah dan pihak lain berupa sembilan bahan pokok telah disiapkan di posko terpadu dan siap didistribusikan.

Tenda untuk dapur umum dan tempat mengungsi juga sudah siap digunakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk penanganan pengungsi.

Selain melihat secara langsung kesiapan posko, kunjungan bupati juga dilaksanakan untuk menjalin koordinasi dengan berbagai instansi terkait di tingkat kabupaten dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Tim Pemprov Babel juga sudah siap siaga di lokasi, baik para relawan, personel BNPB, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Kepolisian dan TNI, semua sudah bergabung dengan petugas yang telah disiapkan Pemkab Bangka Barat," kata dia.

Kepolisian Resor Bangka Barat menyiapkan 30 personel untuk melakukan patroli khusus yang ditempatkan di beberapa lokasi rawan banjir dan longsor.

Selain personel yang patroli, Polres Bangka Barat juga telah menyiapkan satu perahu karet untuk membantu proses evakuasi.

"Pada saat banjir Minggu pagi, personel langsung kami kerahkan untuk membantu warga, saat ini sebagian kami tugaskan untuk memantau situasi dan siap siaga sewaktu waktu terjadi banjir," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Firman Andreanto.

Ia mengimbau kepada warga setempat agar mewaspadai?kemungkinan terulangnya banjir yang biasanya terjadi saat pasang air laut tinggi bersamaan dengan hujan deras.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018