Sungailiat  (Antaranews Babel) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus meningkatkan koordinasi data pemilih pemula ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil terkait data pemilihan kepala daerah 2018.

"Saat ini data pemilih pemula meningkat hingga 7000-an dari 6800 lebih berdasarkan data pemilihan gubernur lalu," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka, Zulkarnain Alijudin di Sungailiat, Jumat.

Ia mengungkapkan saat ini data pemilih masih diproses dan tahap pemuktahiran data untuk diplenokan menjadi daftar pemilih sementara.

Menurut dia dari hasil pencocokan dan penelitian data pemilih oleh petugas pemutakhiran data pemilih pada 20 Januari hingga 18 Februari lalu, pemilih pemula di Bangka lumayan meningkat.

"Itu terlihat sekali, jadi kita koordinasikan terus ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bangka khususnya yang belum punya Kartu Tanda Penduduk-Elektronik (KTP-E)," jelasnya.

Ia mengatakan sama halnya dengan data pemilih yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Bukit Semut Bangka, sebab di lapas ada ratusan warga yang masuk dalam daftar pemilih.

"Untuk pemilih di lapas kita koordinasikan dengan kejaksaan dan kepolisian serta lapas, sebab ada yang masuk dan keluar setiap bulannya," kata Zulkarnain.

Ia berharap bagi pemilih pemula dan mereka yang baru keluar dari lapas bisa mengurus administrasi kependudukan ke Disdukcapil dan instansi terkait, agar hak pilih bisa digunakan saat pemilihan suara Juni mendatang.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018