Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memprakirakan ketinggian pasang air laut di pesisir Pantai Membalong Kabupaten Belitung mencapai dua meter lebih pada Rabu (21/3) esok.

"Ketinggian pasang air laut di Membalong diprakirakan dapat mencapai 2,07 meter," ujar prakirawan Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Slamet Supriyadi di Pangkalpinang, Selasa.

Selain di Membalong, ketinggian pasang air laut di pesisir Pantai Kepulauan Bangka Belitung rata-rata di bawah dua meter dan relatif aman.

Ketinggian pasang air laut di pesisir Pantai Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 1,84 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka 1,76 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,59 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,19 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,06 meter, dan di Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 1,06 meter.

"Pasang air laut setinggi dua meter atau lebih dapat membahayakan keselamatan, karenanya warga atau wisatawan diimbau agar tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," kata Slamet.

Pada kesempatan itu, BMKG Kota Pangkalpinang mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang maksimum dengan ketinggian 1,5 meter sampai 3,0 meter yang dapat terjadi di wilayah Selat Gelasa, Selatan Bangka, Utara Bangka dan Selat Karimata.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,0 sampai 0,5 meter, di Utara Bangka antara 0,0 sampai 0,75 meter, di Selat Gelasa antara 0,5 sampai 1,0 meter, sedangkan di Selatan Bangka dan Selat Karimata mencapai sekitar antara 0,5 sampai 1,5 meter.

"Dengan asumsi ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, maka ketinggian gelombang di Selat Gelasa, Selatan Bangka Utara Bangka, dan Selat Karimata dapat mencapai 1,5 meter hingga 3,0 meter," ujar Slamet Supriyadi.

BMKG juga mengimbau agar masyarakat mewaspadai adanya potensi awan petir (awan Cumulonimbus) yang menyebabkan hujan lebat dan tinggi gelombang bertambah.

Sementara itu, kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 9 hingga 39 kilometer per jam yang bergerak dari Barat ke Utara.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Rabu diprakirakan cerah berawan, berawan dan berawan tebal dengan peluang terjadi hujan lokal dan udara kabur di hampir sebagian besar wilayah terutama pada pagi, siang, malam dan dini hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan 10 sampai 20 kilometer per jam dengan suhu 24 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 60 hingga 100 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018