Sungailiat (Antaranews Babel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Then Suyanti di Sungailiat, Rabu mengatakan, pemetaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bertujuan untuk mempermudah pemerintah daerah membuat kebijakan perilaku hidup bersih, sehat dan berwawasan kesehatan.

"Melalui program ini juga saya berharap mampu mendorong instansi dan pemangku kepentingan dalam menerapkan kebijakan berwawasan kesehatan," katanya.

Diakuinya, masih terdapat sejumlah masyarakat yang mengabaikan masalah kesehatan, padahal menjaga kesehatan menjadi persoalan utama dalam kehidupan.

"Kita menginginkan secara bertahap ada perubahan perilaku hidup sehat ditengah masyarakat guna kepentingan bersama," katanya.

Program PHBS membentuk perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.

PHBS di rumah tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat.

"Untuk mewujudkan program ini, harus mendapat dukungan penuh dari semua pihak termasuk pemerintah desa sampai tingkat RT," katanya.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018