Koba (Antaranews Babel) - Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh meminta pengelola SPBU di kawasan Berok dan Nibung menyediakan solar untuk para nelayan agar mereka tidak terkendala dalam melaut.

"Saya akan hubungi pihak SPBU untuk memprioritaskan solar nelayan karena ini penting agar nelayan bisa menjalankan perahunya mencari ikan di laut," katanya di Koba, Senin.

Ibnu Saleh mengatakan hal itu menyikapi keluhan sejumlah nelayan sudah sejak lama karena kesulitan mendapatkan solar sesuai kebutuhan mereka sehingga tidak bisa melaut lebih lama dan berimbas terhadap berkurangnya hasil tangkapan.

"Solar ini kebutuhan pokok para nelayan, tentu ini harus segera kami sikapi apalagi kami terus mendorong para nelayan untuk meningkatkan hasil tangkapan mereka," katanya.

Baca juga: Nelayan Koba Bangka Tengah kesulitan solar

Dalam jangka panjang, Pemkab Bangka Tengah berupaya membangun SPBN sehingga tidak ada lagi keluhan nelayan tentang kesulitan mendapatkan solar sesuai kebutuhan mereka.

"Kami sudah turun ke lapangan dan memang SPBN ini sangat penting, nanti akan dibangun dan mengenai lokasinya akan kami cari tempat yang lebih strategis atau di tengah-tengah sehingga mudah dijangkau para nelayan," katanya.

Menurut dia, banyak fasilitas yang harus disediakan untuk para nelayan jika ingin meningkatkan produksi di antaranya alat tangkap berupa perahu, SPBN, dan dermaga tambatan perahu nelayan.

"Solar, SPBN, dan dermaga tambatan perahu nelayan ini akan kami upayakan disediakan secara bertahap sehingga nelayan di daerah ini bisa hidup lebih sejahtera," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018