Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berharap Komite Ekonomi dan Industri Nasional Republik Indonesia (KEIN RI) dapat membantu pemerintah provinsi meningkatkan produksi lada putih petani di daerah itu.

"Kami senang sekali atas kunjungan KEIN ini, karena akan berdampak positif untuk menyelesaikan masalah lada di daerah ini," kata Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan saat menerima kunjungan rombongan KEIN RI di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan kehadiran KEIN dapat membantu pemprov Babel mengembalikan kejayaan lada karena hingga saat ini kepedasan lada Babel masoh berada di level 6-7, jauh dibandingkan lada kalimantan dan vietnam yang tingkat kepedasannya hanya 2,6-3,0.

"Muntok white papper sudah tidak lagi masuk Eropa dan Amerika. Di sini kami harap KEIN membantu pemerintah daerah memecahkan permasalahan lada agar kamo dapat mengembalikan kejayaan lada karena kepedasan lada Babel masih terbaik di banding lada negara lainnya," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini produksi lada dalam satu hektar tidak bisa mencapai satu ton, sedangkan negara lain bisa mencapai 6 hingga 7 ton per hektare. Ini salah satu permasalahan turunnya produksi komoditas unggulan daerah ini.

Baca juga: KEIN RI kunjungi kebun lada di Namang

Pada tahun ini, pemerintah provinsi menyiapkan 5-6 juta bibit lada untuk ditanam di lahan seluas 3.500 hektare. Bantuan bibit dari pemerintah ini dapat meningkatkan produksi lada petani sehingga para petani juga bersemangat meningkatkan produksi lada.

"Selain memberi bantuan bibit, kami juga harus membina petani agar dapat menbubah pemikirannya, kita jangan hanya fokus pada harga saja, tapi pada jumlah produksi, seperti lada yang tidak pernah mempersoalkan harga, asalkan produksi mereka terus bertambah," ujar Erzaldi Rosman.

Ketua Pokja Pangan, Industri dan kehutanan KEIN RI, Benny Pasaribu mengatakan KEIN melihat jelas keseriusan Pemprov Babel mengembalikan kejayaan lada. Dengan begitu KEIN akan membantu Babel memecahkan permasalahan lada sehingga lada Babel kembalikan dikenal oleh dunia.

"Kami melihat ada keseriusan Babel membangkitkan kejayaan lada. Di sini kami juga sudah mendengar keluhan petani dan melihat langsung perkebinan serta produksi lada. Kami akan buat perencanaan agar dapat mendorong produksi lada ini," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018