Pangkalpinang (Antaranews Babel) - PT Jasa Raharja (Persero) Bangka Belitung menggencarkan sosialisasi terkait sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ) untuk meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya para pemilik kendaraan bermotor tentang manfaat SWDKLLJ.

"Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat dari SWDKLLJ yang dikenakan saat membayar pajak kendaraan bermotor. Untuk itulah kami gencar melakukan sosialisasi agar manfaat SWDKLLJ serta peran dan fungsi Jasa Raharja diketahui masyarakat," kata Kepala Unit Operasional PT Jasa Raharja Bangka Belitung, Cynthia E Jonathans di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menyebutkan sosialisasi manfaat SWDKLLJ dilakukan langsung kepada para pemilik kendaraan bermotor saat menunggu giliran membayar pajak melalui samsat keliling.

Dengan membayar SWDKLLJ otomatis pemilik kendaraan telah mengalihkan risiko kerugian yang ditimbulkan kepada Jasa Raharja (tidak termasuk kerugian harta benda).

"Risiko itu misalnya mobil menabrak pengendara lain, pejalan kaki, pengguna sepeda dan penyebrang jalan, maka korban tersebut akan disantuni oleh Jasa Raharja," ujarnya.

Selain menggencarkan sosialisasi manfaat SWDKLLJ, Jasa Raharja juga mengajak masyarakat taat membayar pajak agar dana pajak kendaraan tersebut dapat digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat.

"Sosialisasi ini juga dibarengi dengan pelaksanaan pemeriksaan dan pengobatan gratis sebagai bentuk sinergisitas PT Jasa Raharja Babel dan Bakuda Babel dalam melayani agar masyarakat juga lebih mengenal peran dan fungsi Jasa Raharja dan memahami manfaat dari SWDKLLJ," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018