Sungailiat  (Antaranews Babel) - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengirim sebanyak 80 siswa guna mengikuti kemah konselor sebaya tingkat nasional.

"Sebanyak 80 siswa ini berasal dari delapan kecamatan di Kabupaten Bangka, informasi yang kita terima peserta berjumlah 500 orang dari seluruh provinsi di Indonesia," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Rabu.

Ia mengatakan dalam kegiatan itu para siswa akan mendapat pelatihan dan pembelajaran tentang konselor yang kemudian harus diterapkan di sekolah masing-masing.

Menurut dia, di Kabupaten Bangka sudah dibentuk sebanyak 26 unit pendidikan informasi konselor guna mendukung program pemerintah terkait pemberdayaan masyarakat khususnya siswa sekolah.

"Pembentukan 26 unit pendidikan informasi konselor ini di delapan kecamatan tapi yang paling banyak ada di Kecamatan Sungailiat," katanya.

Ia mengharapkan pada 2018 ini pembentukan pendidikan informasi konselor dapat bertambah dan terus berkembang sehingga pemberdayaan siswa dapat benar-benar berjalan dengan baik.

Ia menambahkan para peserta konselor ini akan mendapat pendidikan tentang training of trainer dari pembimbing pusat serta akan menerima sertifikat atau piagam bahwa sudah lulus dinyatakan sebagai konselor sebaya.

"Tingkatannya ada tiga, pertama konselor kemudian konselor sebaya dan terakhir konselor genre. Di Bangka baru ada satu konselor genre dan sudah mewakili Bangka Belitung ke tingkat nasional di Padang," katanya.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018