Muntok (Antara Babel) - Bupati Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Zuhri M Syazali, mengharapkan jajaran polisi di daerah itu mampu bekerja maksimal dalam mengawal pelaksanaan seluruh tahapan Pemilihan Umum 2014 sehingga berjalan lancar dan sukses.


"Kepada Kapolres Bangka Barat kami harapkan penyelenggaraan Pemilu 2014 dapat dikawal, dijaga dan diamankan melalui sebuah manajemen keamanan yang terpadu dan konprehensif, sehingga berjalan aman, lancar dan sukses," ujar Bupati di Muntok, Rabu.


Menurut dia, keberhasilan Kepolisian dalam mengawal pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan itu merupakan keberhasilan bersama, maka proses pencapaian keberhasilan tersebut juga menjadi bagian dari tanggung jawabnya selaku pemerintah daerah.


Ia mengatakan, pemilu dan konflik horizontal antarpeserta pemilu adalah dua hal yang selalu berkaitan sebagai sebuah akibat dari gesekan kepentingan yang terjadi ketika pemilu itu diselenggarakan.


"Kami menilai pada gelaran pemilu kali ini tentunya lebih berat dari pada pelaksanaan pemilu sebelumnya, nuansa kompetisi seluruh partai peserta pemilu dengan ratusan caleg yang terdaftar tentu berpotensi menimbulkan konflik dan gesekan," kata dia.


Selain itu, menurutnya, peluang terjadinya sabotase terhadap proses penyelenggaraan pemilu dan perhitungan hasil pemilu oleh para pihak yang merasa tidak diuntungkan adalah sebuah hal yang patut dicermati bersama.


"Kita harus upayakan agar hal tersebut jangan sampai terjadi karena bisa menimbulkan konflik yang lebih besar," katanya.


Untuk itu, Zuhri mengharapkan seluruh pihak ikut berperan dalam mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan agar tercipta situasi yang aman dan kondusif pada penyelenggaraan pesta demokrasi yang akan digelar pada 9 April 2014.


Ia menambahkan Pemkab akan berupaya semaksimal mungkin dalam menyukseskan pemilu 2014, bersama KPU, Panwaslu, TNI dan Polri.


"Kami akan memberikan dukungan personil melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan dukungan peralatan teknis lainnya untuk mendukung Kepolisian sebagai unsur penanggung jawab pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat," kata dia.

Pewarta: Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014