Pangkalpinang  (Antaranews Babel) - Disperindag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjamin stok bawang merah dan putih di gudang distributor mencukupi untuk memenuhi permintaan masyarakat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah.

"Saat ini stok bawang di gudang distributor sebanyak 137 ton dan akan terus bertambah, karena pasokan dari luar daerah lancar," kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kepulauan Babel Tanaim di Pangkalpinang, Kamis.

Ia menjelaskan sebanyak 137 ton bawang tersebut dengan rincian bawang putih sebanyak 64 ton dan bawang merah 73 ton tersebar di delapan gudang distributor Pulau Bangka dan Belitung.

"Kami dapat pastikan stok dan harga bawang ini tidak akan mengalami kenaikan tinggi yang akan memberatkan ekonomi masyarakat menyambut lebaran nanti," katanya.

Ia mengatakan saat ini harga bawang merah masih bertahan Rp40.000 per kilogram dan bawang putih masih bertahan normal Rp22.000 per kilogram.

"Diperkirakan harga ini tidak akan mengalami kenaikan tinggi, karena stok cukup dan pasokan dari luar daerah berjalan lancar," katanya.

Menurut dia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat daerah ini, distributor masih mengandalkan pasokan dari Pulau Jawa dan Sumatera, karena panen bawang petani lokal yang belum memadai.

"Saat ini pasokan bawang masih berjalan lancar dan diperkirakan stok yang ada sekarang akan terus bertambah hingga akhir tahun nanti," ujarnya. Budi Suyanto

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018