Toboali  (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan beasiswa cerdas, guna membantu siswa sekolah dasar berprestasi yang tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah pertama.

"Kami berharap beasiswa cerdas khusus siswa SD ini dapat menekan angka putus sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan, Eddy Supriadi di Toboali, Selasa.

Menurut dia program beasiswa ini merupakan salah satu komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia yang berdaya saing diera globalisasi.

"Kami ingin dengan adanya beasiswa cerdas bagi pelajar SD yang kurang mampu yang ingin melanjutkan ke SMP. Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak melanjutkan sekolah," ujarnya.

Ia mengatakan program ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk menekan angka putus sekolah di daerah yang masih cukup tinggi. Beasiswa cerdas yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan ini di khususkan bagu pelajar SD yang kurang mampu namun masih ingin melanjutkan ketingkat SMP.

"Kami berikan ini kepada pelajar yang kurang mampu, namun belum terjaring dalam PIP ataupun beasiswa sejenis lainnya," katanya.

Ia berharap dengan adanya beasiswa cerdas tersebut, para orang tua dapat memberikan dorongan kepada anaknya untuk terus melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi demi masa depan generasi daerah.

"Jika peran pemerintah sudah optimal menyiapkan generasi terpelajar, maka orang tua juga harus mendorong dan memotivasi anak-anaknya untuk sekolah setinggi-tingginya, agar kedepan dapat membantu pemerintah dalam melakukan percepatan pembangunan di bangka selatan," katanya.

Pewarta: Eko Septianto

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018