Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono menjamin persediaan obat-obatan baik di rumah sakit maupun Puskesmaa aman dan cukup untuk keperluan sebelum dan sesudah Lebaran.

"Dinas Kesehatan pada prinsipnya siap menyalurkan obat-obatan, asal syaratnya ada permintaan dari kota/kabupaten, sehingga ketika menghadapi lebaran tidak ada lagi kekosongan obat," katanya.

Selain itu, pihaknya rutin melakukan pengawasan dan pemantauan setiap tahun untuk memastikan ketersediaan obat-obatan pada setiap kabupaten/kota serta bagaimana bentuk pelayanan kesehatan yang diberikan.

"Pemantauan bukan hanya dilakukan terhadap ketersediaan obat-obatan dan fasilitas kesehatan, namun kami juga ikut serta memantau posko yang didirikan bersama pihak terkait untuk memberikan pelayanan kesehatan," ujarnya.

Mulyono mengakui Bangka Belitung masih kekurangan tenaga medis apalagi pada saat menghadapi lebaran. Untuk itu guna mengantisipasi kekurangan tenaga medis, dinas kesehatan juga menyiapkan hal tersebut di seluruh kabupaten/kota dengan mendirikan Pos Kesehatan untuk mengantisipasi terhadap kejadian yang bersifat situasional.

"Kami terus bersinergi dengan berbagai pihak untuk mengantisipasi kejadian situasional tersebut. Jika terjadi situasi kedaruratan, maka dapat ditangani secara cepat dan tepat," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018