Pangkalpinang  (Antaranews Babel) - Petugas Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV?Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang mengecek dan melakukan pengawasan terhadap kapasitas kapal penumpang di pelabuhan itu.

Kepala Subseksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli KSOP Pangkalbalam, Harlansyah, di Pangkalpinang, Rabu, mengatakan pengawasan dilakukan terhadap kapal Ekspres Bahari 3E tujuan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung.

"Upaya KSOP adalah agar menjelang Lebaran ini jangan sampai ada terjadi kapasitas penumpang berlebih. Kami memastikan semua penumpang terdaftar di dalam manifes," katanya.

KSOP Pangkalbalam juga mengimbau para nakhoda dan anak buah kapal agar tidak berbuat nakal dengan menaikkan "penumpang gelap" dan menyebabkan kelebihan kapasitas.

"Ikutilah prosedur yang ada, ini semua demi kebaikan para penumpang," katanya.

Aktivitas pelabuhan pada H-2 Lebaran Idul Fitri hanya ada satu kapal penumpang yang beroperasi, yakni kapal Ekspres Bahari 3E dengan tujuan Tanjung Pandan Belitung, sedangkan dua kapal ro-ro dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta tidak lagi beroperasi.

"Hari ini dan H-1 kapal cepat Ekspres Bahari tetap akan melayani masyarakat yang hendak mudik ke Pulau Belitung," katanya.

Penumpang yang berangkat ke Tanjung Pandan pada Rabu sebanyak 319 orang, sedangkankan yang datang 343 orang.

"Kami melihat jumlah penumpang masih normal, belum ada lonjakan," katanya.

Pewarta: Eko Septianto

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018