Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Jumlah penumpang di Pelabuhan Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Minggu (17/6) atau H+2 Lebaran 2018 mengalami penurunan 11,1 persen dibandingkan H+2 Lebaran 2017.

"Jumlah penumpang pada H+2 Lebaran 2017 sebanyak 756 orang yang naik dan turun melalui pelabuhan. Sedangkan pada tahun ini 672 penumpang," kata Kepala Sub Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Kelas IV Pangkalbalam Kota Pangkalpinang Ferdiansyah di Pangkalpinang, Senin.

Dari 672 penumpang yang menggunakan angkutan transportasi laut itu, terdiri atas 249 penumpang yang turun dari Belitung dan 423 orang yang akan berangkat ke Belitung.

Menurutnya, jumlah penumpang pada arus balik tahun ini akan meningkat pada H+7 Lebaran, karena kapal Roro tujuan Tanjung Priok, Jakarta sudah mulai beroperasi kembali.

"Untuk saat ini hanya ada satu armada yang beroperasi yaitu kapal cepat Ekspres Bahari 3E dengan tujuan Tanjung Pandan, Belitung," katanya.

Dikatakannya, sampai saat ini arus balik yang berlangsung di Pelabuhan Pangkalbalam masih berjalan lancar, tanpa ada hambatan apapun.

"Alhamdulillah sampai dengan saat ini arus balik masih berjalan dengan lancar dan situasi keamanan di sekitar kawasan Pelabuhan Pangkalbalam tetap kondusif berkat rekan-rekan TNI-Polri yang selalu siaga dan berpatroli rutin," ujarnya.
 

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018