Pangkalpinang  (Antaranews Babel) - Petugas Kesehatan bersama karyawan Pos Pelayanan di Pelabuhan Pangkalbalam Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan evakuasi terhadap Suhirin, seorang penumpang kapal cepat Ekspres Bahari yang sakit saat baru tiba dari Tanjung Pandan Belingung, Rabu.

Pantauan Antara, terlihat para Petugas Pos Pelayanan bergerak cepat membawa penumpang yang sakit dari kapal ke dalam ruang kesehatan yang ada di Pelabuhan Pangkalbalam untuk memberikan pertolongan pertama terlebih dahulu.

Setelah mendapatkan pertolongan pertama di pos kesehatan pelabuhan, Suhirin langsung dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah Kota Pangkalpinang untuk mendapatakan pertolongan medis lebih lanjut.

Kepala Sub Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli KSOP Kelas IV Pangkalbalam, Harlansyah mengatakan informasi adanya penumpang yang sakit ini mereka terima dari nakhoda kapal Ekspres Bahari ketika sudah hampir sandar di dermaga pelabuhan.

"Mendapat informasi tersebut kami langsung berkoordinasi dengan petugas kesehatan yang sedang bersiaga dan dibantu oleh petugas pos pelayanan pelabuhan untuk melakukan pertolongan pertama terhadap penumpang yang sakit tersebut," Katanya.

Menurutnya saat turun dari kapal penumpang yang diketahui identitasnya adalah Suhirin sudah dalam keadaan lemah, wajah pucat dan sempat tidak sadarkan diri.

"Setelah melakukan pertolongan pertama kami langsung merujuk yang bersangkutan ke RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang untuk mendapatkan tindakan medis lanjutan di sana," katanya.

Saat ini ada seorang anggota polisi yang merupakan petugas Posyan Pelabuhan Pangkalpinang mendampingi yang bersangkutan di rumah sakit sampai pihak keluarga datang.

"Pasien sudah kami rujuk, saat ini ada satu orang anggota Polri yang menemani sampai keluarganya datang," katanya.

Pewarta: Eko Septianto

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018