Tanjung Pandan (Antaranews Babel) - Partisipasi pemilih di Pilkada Kabupaten Belitung 2018, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencapai 74,38 persen atau meningkat jika dibandingkan dengan Pilkada Belitung 2013.

"Partisipasi pemilih tahun ini 74,38 Persen. Walaupun belum sesuai dengan target yang kami tetapkan sebesar 80 persen, namun hasil ini juga meningkat dibandingkan partisipasi pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang tidak mencapai 70 persen," kata Ketua KPU Kabupaten Belitung, Sony Kurniawan di Tanjung Pandan, Kamis.

Tingkat partisipasi pemilih disabilitas juga mengalami peningkatan. Tercatat sebanyak 108 dari total 147 pemilih dalam DPT menggunakan hak pilihnya pada pilkada di daerah itu.

Berdasarkan hasil keputusan pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kabupaten yang dilaksanakan KPU setempat, pasangan nomor urut empat Sahani Saleh-Isyak Meirobie memperoleh suara terbanyak dengan 28.366 suara dari total suara sah 85.960 suara.

Sony Kurniawan mengaku sangat mengapresiasi terselenggaranya pilkada yang aman dan damai di daerah itu.

"Kami memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut menyukseskan pilkada ini," ujarnya.

Pilkada Kabupaten Belitung diikuti empat pasangan calon, yaitu pasangan nomor urut 1 Azwardy Azhar-Erwandi A Rani, nomor urut 2 Hellyana Djunaidi Rahman, nomor urut 3 Andi Lanna-Zulfriandi dan nomor urut 4 Sahani Saleh-Isyak Meirobie.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018