Sungailiat (Antaranews Babel) - PT Timah Tbk, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan bantuan beasiswa bagi 32 orang siswa lulusan SMP dari kelas unggulan, guna melanjutkan pendidikan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pemali di daerah itu.

"Peserta yang mendaftar sebanyak 434 orang dari tujuh kabupaten/kota di Bangka Belitung serta dari Kundur di Kepulauan Riau, sesuai hasil verifikasi ada 32 orang yang mendapat beasiswa," kata Kepala Divisi Tanggungjawab Sosial Perusahaan PT Timah Tbk, Ali Syamsuri usai menerima penyerahan siswa dari orang tua ke asrama PT Timah Tbk di Sungailiat, Jumat.

Dikatakannya, penerimaan siswa kelas unggulan menggunakan syarat utama anak berprestasi dan berasal dari keluarga tidak mampu.

Menurutnya, para siswa sebelum terpilih sebelumnya menjalani beberapa tes, diantaranya psikotes, wawancara, administrasi dan kesehatan yang dilaksanakan tim penerimaan.

"Program beasiswa ini memang sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu, sempat terhenti setelah dievaluasi dan dikaji baru kita laksanakan lagi," katanya.

Ditambahkannya, program sempat terhenti disebabkan ada masalah di intern perusahaan serta tidak tepat sasaran bagi penerima beasiswa saat program sebelumnya. Penerima beasiswa berasal dari keluarga mampu dan tidak merata dari seluruh daerah lokasi produksi PT Timah Tbk.

Sementara, Kepala Asrama Kelas Unggulan,Suparman mengatakan, pada 2018 ini salah seorang yang menerima beasiswa program sebelum akan berangkat ke Amerika guna menjalani pendidikan.

"Insya Allah anak kita akan menginjak kakinya ke luar negeri, salah satu anak didik kita ada yang ke Amerika, semoga PT Timah tbk jaya selalu dan terima kasih atas dukungannya," katanya.

Dikatakanya, SMAN 1 Pemali telah mendidik anak-anak kelas unggulan dengam bagus disertai program hafiz quran, bahasa inggris dan ilmu ilmiah.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 1 Pemali, Fahmi mengatakan hasil didikan kelas unggulan SMAN 1 Pemali telah melahirkan berbagai prestasi, salah satunya terpilih mengikuti lanjutan pendidikan di Amerika Serikat setelah melalui seleksi ketat.

"Rasa lelah kita hilang melihat semangat anak-anak mengikuti program PT Timah tbk ini. Ini juga merupakan suatu kehormatan bagi kami dan bapak ibu sebagai orang tua tidak usah takut anaknya di sini akan kita didik dan pantau termasuk prestasinya," kata Fahmi.

Ditambahkannya, beberapa anak kelas unggulan terpilih sebagai duta anak dan berbagai prestasi lain, sehingga tidak sia-sia PT Timah tbk mengucurkan bantuannya untuk siswa tidak mampu dan berprestasi ini.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018