Toboali (Antaranews Babel) - Desa Pongok Kecamatan Kepulauan Pongok Kabupaten Bangka Selatan mewakili Bangka Belitung ke tingkat Nasional untuk mengikuti lomba Taman Obat Keluarga (Toga) dan Akupresur kategori daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan.

"Desa pongok bisa mewakili babel ke tingkat nasional dikarenakan berhasil terpilih setelah melewati proses seleksi ditingkat kecamatan, kabupaten maupun provinsi," kata Sekretaris Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bangka Selatan, Khaidar di Toboali, Kamis.
(babel.antaranews.com/Eko SR)

Ia mengatakan saat ini proses seleksi di tingkat nasional sedang berlangsung dan beberapa hari lalu tim penilai dari pusat yang terdiri dari kemenkes dan kemendagri serta tim PKK pusat dan didampingi instansi terkait baik dari provinsi maupun kabupaten sudah melakukan penilaian langsung ke daerah tersebut.

"Dari 34 provinsi yang ikut serta lomba Toga dan Akupresur tingkat nasional, Desa pongok berhasil masuk 3 besar bersama dengan daerah lainnya, yaitu Kalteng dan Kalbar. Dan saat ini kami masih menunggu hasil final penilaian dari pusat," katanya.
(babel.antaranews.com/Eko SR)

Menurut dia, keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras masyarakat pongok dan pihak terkait yang telah bekerja secara optimal dalam memberikan pendampingan dan pelatihan serta pembinaan kepada kelompok pengelola taman obat keluarga.

"Ini merupakan suatu prestasi yang membanggakan bagi kita semua, apalagi jika bisa menjadi juara tentu hal tersebut akan mengharumkan nama Bangka Selatan di tingkat Nasional," katanya.
(babel.antaranews.com/Eko SR)

Ia berharap kedapan eksistensi taman obat keluarga yang ada didesa pongok dapat ditularkan kepada daerah lainnya yang ada di Bangka Selatan.

"Pengelolaan taman obat keluarga ini sangat penting, karena sangat banyak manfaatnya,karena tanaman obat tersebut bersifat alami, ada di sekitar kita, mudah didapat, tersedia setiap saat, dan tentu ini akan mengurangi biaya pengobatan keluarga terutama untuk penyakit yang sifatnya ringan seperti masuk angin dan batuk lainnya bisa menggunakan obat alami ini," katanya.
(babel.antaranews.com/Eko SR)

 

Pewarta: Eko Septianto Rasyim

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018