Muntok (Antara Babel) - Calon anggota legislatif perempuan dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Lisa Prastiwi berupaya meningkatkan kesadaran persamaan hak kaum perempuan hingga ke pelosok.


"Selama ini perempuan hanya dijadikan objek politik, kenyataan ini harus diubah dengan memberikan kesadaran politik bahwa mereka bisa menjadi penentu kebijakan pembangunan," ujar Caleg DPRD Kabupaten Bangka Barat dari Dapil II tersebut di Muntok, Sabtu.


Lisa mengatakan, selama ini kaum perempuan pada masa kampanye hanya dijejali dan dijanjikan berbagai program dari para caleg, namun pada saat terpilih diingkari.


Menurut caleg nomor urut tiga tersebut, kaum perempuan jangan mau dibohongi terus, mereka harus bisa membuat kontrak politik yang jelas sehingga aspirasi mereka benar-benar terwujud pada saat si caleg duduk di kursi wakil rakyat.


"Kontrak politik sesama perempuan kami yakini akan membawa dampak positif karena kami tahu kebutuhan atau keinginan kaum kami, untuk itu kami harapkan kaum perempuan memilih dari kaumnya sendiri agar terjadi kesetaraan," katanya.


Ia menjelaskan, meningkatnya kesadaran emansipasi wanita, diyakininya akan membuat perempuan lebih produktif karena kebijakan pembangunan tidak lagi didominasi laki-laki.


"Selama ini wanita dianggap lemah karena memang tidak mendapat perhatikan dari pemerintah," kata dia.


Ia mencontohkan, usaha kecil yang digeluti para ibu rumah tangga kurang diperhatikan keberadaannya oleh pemerintah sehingga banyak yang gulung tikar.


Menurut dia, jika dikelola dengan baik dengan diberi modal, didampingi dengan pelatihan kreatif hingga dibantu pemasarannya, maka usaha itu akan mandiri dan bukan tidak mungkin malah akan menjadi tumpuan ekonomi keluarga.

"Peningkatan usaha kaum perempuan yang berada mulai dari tingkat desa perlu diperjuangkan, agar peran wanita sederajat dengan kaum pria," kata dia.


Menurut jebolan akademi keperawatan itu, peran wanita di setiap desa harus ditingkatkan karena desa merupakan ujung tombak pembangunan suatu daerah.


"Kami yakin wanita mampu dan bisa mengisi pembangunan, untuk itu mereka harus proaktif ikut menentukan wakilnya di DPRD dengan memilih caleg dari kaumnya," kata dia.

Pewarta: Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014