Koba (Antaranews Babel) - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan hewan kurban yang dipotong pada Hari Raya Idul Adha aman untuk dikonsumsi masyarakat.

"Sebelumnya kami sudah menurunkan tim yang di dalamnya ada dokter hewan untuk memastikan hewan kurban aman untuk dikonsumsi," kata Kepala Dispernak Kabupaten Bangka Tengah, Rusli Khaidir di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, pengawasan hewan kurban dilakukan secara rutin setiap tahun saat Idul Adha dan selama ini semua hewan kurban aman untuk dikonsumsi masyarakat.

"Pengawasan kami lakukan karena hampir 100 persen hewan kurban tersebut terutama sapi didatangkan dari luar provinsi terutama dari Jawa, Lampung dan Sumatera Selatan," katanya.

Pihaknya tidak menganjurkan para peternak menjual sapi untuk kurban dengan tujuan meningkatkan populasi sapi di daerah itu.

Rusli menambahkan populasi sapi di Bangka Tengah terus bertambah setiap tahun dan sekarang sudah mencapai 4.000 ekor lebih.

"Namun jumlah tersebut belum mencapai target karena kami bertekad menjadikan Bangka Tengah sebagai daerah peternakan sapi terbesar di Bangka Belitung," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018