Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo bersama Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fattah meresmikan pembukaan gedung baru Kantor Perwakilan (Kpw) Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Dibangunnya gedung baru Kpw BI Babel ini agar operasional BI Babel lebih efektif, sejalan dengan berkembanganya perekonomian di Babel," kata Dody Budi Waluyo, di Pangkalpinang  Jumat.
 
Deputi Gubernur BI foto bersama Wakil Gubernur Babel dan tamu undangan. (babel.antaranews.com/Elza Elvia)

Ia mengatakan, Kantor Perwakilan BI Babel resmi berdiri sejak 27 November 2014 dan langsung melaksanakan fungsi penuh, pertama advisory, komunikasi, dan koordinasi kebijakan, kedua,  pengembangan ekonomi dan UMKM, ketiga, asessmen, statistik, survei, dan liason, serta sistem pembayaran dan pengedaran uang rupiah.

Sejalan dengan perkembangan ekonomi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan peningkatan pelayanan serta pelaksanaan tugas Bank Indonesia, maka dibangunlah gedung baru ini.
Deputi Gubernur BI bersama tamu undangam meninjau masterplan gedung baru Kpw BI Babel. (babel.antaranews.com/Elza Elvia)

Kegiatan operasional penuh di gedung ini telah dilaksanakan sejak 20 Agustus 2018, dengan formasi pegawai 31 organik, dan 9 PCS. Gedung ini berdiri di atas lahan seluas 12.679m2.

Luas bangunan utama 7.480m2 dengan 4 lantai, bangunan penunjang 507m2, bangunan utilitas 290m2. Selain itu, luas khazanah 360m2 dengan kapasitas 6000 peti.
Deputi Gubernur BI foto bersama penerima bantuan sosial, berupa beasiswa untuk PT dan kelompok tani di daerah. (babel.antaranews.com/Elza Elvia)

Dengan fasilitas ini, diharapkan seluruh insan Bank Indonesia Bangka Belitung dapat memberikan pelayanan dan melaksanakan fungsi Bank Indonesia dengan lebih baik serta dapat memberi kontribusi nyata untuk perkembangan ekonomi di Babel.

"Hadirnya kantor perwakilan BI Babel akan memperkuat sinergi dan koordinasi perbankan dengan pemerintah daerah terkait kondisi perekonomian di daerah," ujarnya.
Deputi Gubernu BI, Dody Budi Waluyo saat menyerahkan bantuan sosial kepada Ponpes Nurul Falah Desa Air Mesu, Bangka tengah. (babel.antaranews.com/Elza Elvia)

Sementara, Wakil Gubernur Babel, Abdul Fattah mengatakan, hadirnya gedung baru ini Bank Indonesia dapat mengoptimalkan tugas dan fungsinya dalam membantu pemerintah membangun perekonomian daerah yang tujuannya untuk menyejahterakan masyarakat Babel.

"Berdirinya gedung baru ini kita harap dapat memberi manfaat untuk masyarakat, khususnya perkembangan ekonomi daerah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.
Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo foto bersama para penerima bantuan sosial BI kepada tiga Ponpes di Bangka. . (babel.antaranews.com/Elza Elvia)

Dalam rangkaian peresmian gedung baru Kpw BI Babel, Deputi Gubernur Bank Indonesia juga memberikan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) di bidang pengembangan ekonomi kepada kelompok tani cabai dan kelompok ternak sapi binaan BI, dalam bentuk sarana dan prasarana.

Selain itu, bantuan di bidang pendidikan juga diserahkan kepada Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia dalam bentuk BI Corner dan beasiswa kepada mahasiswa IAIN SAS Bangka Belitung.

PSBI juga dberikan kepada tiga Pesantren yaitu Nurul Falah, Hidayatusshalikin, dan Al Islam, sebagai bentuk perhatian Bank Indonesia terhadap pemberdayaan pesantren dan pengembangan ekonomi syariah di Indonesia.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018