Sungailiat (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan studi komparasi ke Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung tentang beberapa kewenangan bupati yang dilimpahkan ke camat di daerah itu.

"Kita ketahui pelimpahan ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia khususnya camat dan kepala desa, sehingga kita datang ke Bangka," kata Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Bantul Helmi Jamharis di Sungailiat, Sabtu.

Dia mengatakan keberadaan camat perpanjangan tangan kewenangan bupati dalam menjalankan roda pemerintahan di daerah tersebut.

Menurut dia, sangat diperlukan kewenangam camat ditingkatkan dalam bidang pemerintahan dan kemasyarakatan sesuai koridor demi memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

"Kami menganggap ini sangat penting dan perlu sebab camat perpanjangan tangan bupati, supaya pelayanan bisa maksimal bagi masyarakat," katanya.

Dia mengakui Pemerintah Kabupaten Bantul belum optimal dalam melimpahkan kewenangan bupati kepada camat, terutama dalam hal pemberian kewenangan terkait dengan perizinan dan pelayanan umum.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Pemkab Bangka Teddy Sudarsono mengatakan rombongan Pemerintah Kabupaten Bantul langsung menerima penjelasan dari organisasi perangkat daerah terkait, di antaranya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka serta camat dalam melaksanakan kewenangan yang diberikan Bupati Bangka, di antaranya dalam pemberian perizinan, termasuk dalam pelayanan dokumen kependudukan.

"Semoga apa yang sudah dipelajari dapat berguna bagi Pemerintah Kabupaten Bantul dan bisa diterapkan seperti yang ada di Bangka," katanya.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018