Toboali (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melatih pelaku usaha mikro kecil menengah dalam mengelola usaha guna meningkatkan kualitas produk dan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

"Kami secara berkala terus memberikan bimbingan dan pelatihan bagi pelaku UMKM dengan harapan bisa meningkatkan kesejahteraannya," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan UMKM Bangka Selatan, Basu di Toboali, Jumat.

Ia mengatakan pelatihan dan bimbingan diberikan kepada 20 orang pelaku UMKM dari Desa Air Gegas agar mereka dapat bersaing di pasar global.

"Pelatihan yang diberikan kepada para pelaku UMKM ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mereka mulai dari manajemen usaha, maupun produksi dan juga pasar," katanya.

Selain memberikan pengetahuan melalui pembinaan dan pelatihan secara masif, pemerintah juga terus berupaya mencari pasar agar para pelaku UMKM di Bangka Selatan tidak kesulitan untuk menjual produk hasil produksinya.

"Terkadang para pelaku UMKM ini agak sedikit kesulitan dalam menjual hasil produksi, untuk itu kami terus berupaya membantu memasarkan produk mereka, " katanya.

Basu mengatakan, untuk mencari pasar, selain promosi di luar daerah, Dinas Tenaga Kerja dan UMKM juga berperan aktif mengarahkan para pelaku ukm agar pada setiap even yang ada ikut ambil bagian.

"Dengan banyaknya promosi atau orang membeli oleh-oleh hasil UMKM Bangka Selatan,  maka diharapkan  akan tercipta secara sendirinya pasar untuk penjualan produk ukm kita ke luar daerah. Selain itu, juga sudah bekerja sama dengan salah satu komunitas untuk memasarkan produk melalui daring," katanya.

Pewarta: Eko Septianto Rasyim

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018