Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bergotong royong membersihkan sampah di kawasan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Pangkalpinang guna meningkatkan kebersihan dan kualitas hasil tangkapan ikan nelayan di daerah itu.

"Kita harus membersihkan kawasan PPI ini agar ikan yang didaratkan terjaga kebersihannya dan tidak terkontaminasi zat berbahaya," kata Kepala DKP Provinsi Kepulauan Babel, Dasminto di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menyatakan DKP menjadikan gotong royong membersihkan PPI sebagai agenda rutin sebulan sekali agar tempat pendaratan ikan tersebut bersih, indah dan ikan yang dipasarkan segar dan higienis serta bebas kontaminasi.

"Kalau kegiatan ini dilakukan secara rutin tentu akan membawa manfaat yang luar biasa bagi pengguna jasa PPI dan masyarakat daerah ini," ujarnya.

Menurut Dasminto, aksi gotong royong ini bertujuan untuk membersihkan kawasan PPI karena merupakan tempat pendaratan pertama ikan yang akan dikonsumsi masyarakat.

Selain itu, lokasi PPI ini juga berdekatan dengan Jembatan EMAS yang merupakan ikon Provinsi Kepulauan Babel yang ramai dikunjungi wisatawan lokal, nasional dan internasional.

"PPI ini harus bebas dari sampah agar indah dilihat. Oleh karena itu, perlu strategi membuat PPI yang higienis, sehingga ikan yang didaratkan dalam kondisi yang segar, higienis dan menyehatkan," katanya.

Ia mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan PPI dengan tidak membuang sampah di kawasan pendaratan ikan ini.

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini dapat memotivasi nelayan dan masyarakat di sekitar kawasan PPI untuk menjaga kebersihan lingkungan ini," kata Dasminto.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018