Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Kementerian Pertanian telah menyalurkan 190 ribu unit peralatan produksi pertanian, guna meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani.

"Pada tahun ini Kementan telah memberikan bantuan 190 ribu unit traktor dan pompa air kepada kelompok petani," kata Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementerian Pertanian, Momon Rusmono usai membuka rembug utama Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-47 di Pangkalpinang, Bangka, Jumat malam.

Selain itu, Kementerian Pertanian juga membagikan 300 unit excavator kepada kelompok petani guna membantu petani dalam meningkatkan produksi pertaniannya.

"Mudah-mudahan dengan bantuan peralatan pengolahan dan pascapanen ini dapat memberikan manfaat yang besar terhadap peningkatan produksi," ujarnya.

Menurut dia, pemberian bantuan peralatan pertanian ini untuk menjawab tantangan, seperti perubahan iklim, gejolak harga pangan global, distribusi pangan yang belum merata dan tingginya laju urbanisasi.

"Kami terus berupaya mengendalikan impor dan mendorong ekspor guna meningkatkan harga hasil pertanian dan kesejahteraan petani," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018