Sungailiat (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melalui dinas terkait memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi anak penyandang disabilitas.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial dan Perlindungan Jaminan Sosial, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, Kabupaten Bangka, Aris Munandar di Sungailiat, Rabu, mengatakan kegiatan pelayanan kesehatan gratis bagi anak penyandang disabilitas adalah bagian dari bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada anak berkebutuhan khusus.

"Program kegiatan pelayanan kesehatan gratis, kami memberikan bagi 50 anak penyandang disabilitas," katanya.

Menurut dia, program pelayanan kesehatan yang dilakukannya merupakan bagian dari pemerataan dan penyetaraan hak dimana anak yang penyandang disabilitas mempunyai hak yang sama dengan anak umumnya untuk memperoleh pelayanan kesehatan.

"Anak penyandang disabilitas mempunyai hak yang sama dengan anak-anak pada umumnya, tidak boleh untuk dibeda-bedakan," jelasnya.

Pemberian pelayanan kesehatan gratis bagi anak penyandang disabilitas tahun ini, kata dia, merupakan kegiatan lanjutan dari tahun sebelumnya yang melakukan kegiatan serupa.

"Kegiatan program layanan kesehatan gratis tahun ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya setelah tahun 2017, juga melakukan kegiatan yang sama," katanya.

Dia merencanakan layanan pemberian kesehatan gratis bagi anak penyandang disabilitas tetap akan dilanjutkan mengingat peminatnya cukup tinggi.

"Kami merencanakan tahun depan akan melakukan program layanan kesehatan gratis karena peminatnya cukup tinggi," katanya.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar dengan tulus hati menjaga buah hatinya, tidak ada alasan tidak peduli hanya karena ada yang memiliki anak sebagai penyandang disabilitas, mereka harus mendapat perhatian yang sama dengan anak yang sempurna pada umumnya.

"Perhatian orang tua, keluarga dan masyarakat di lingkungannya sangat bermanfaat sekali untuk mereka," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018