Toboali (Antaranews Babel) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung fokus berupaya terus meningkatkan mutu pendidikan yang ada di daerah itu.

"Pada tahun 2019 mendatang, kami akan fokus pada peningkatan mutu pendidikan di Bangka Selatan, agar dapat bersaing dengan daerah lainnya," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bangka Selatan, Eddy Supriadi di Toboali, Selasa.

Menurut dia, saat ini pihaknya sedang membuat formulasi untuk meningkatkan kompetensi para guru, karena dalam meningkatkan mutu pendidikan harus dimulai dari tenaga pendidik yang berkualitas.

"Peningkatan mutu pendidikan, baik itu prestasi akademik maupun non akademik baru bisa dicapai jika tenaga pendidikan yang kita miliki berkualitas," katanya.

Selain itu, penyesunan kurikulum yang akan diterapkan di sekolah juga sangat penting dalam rangka untuk meningkatkan mutu pendidikan.

"Kami akan berikan yang terbaik, sehingga apa yang kita cita-citakan dapat terealisasi dimana generasi terbaik Bangka Selatan dapat berkontribusi bagi daerahnya kedepan, " katanya.

Tidak hanya itu, sarana dan prasarana serta pembiayaan yang baik juga menentukan dalam peningkatan mutu pendidikan.

Untuk itu, Disdikbud Bangka Selatan mulai berbenah dan secara bertahap untuk mencukupi segala kebutuhan yang diperlukan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di daerah itu, baik melalui APBD maupun APBN.

"Bukan hanya mutu guru yang baik saja, namun sarpras mulai dari bangunan hingga logistik serta pembiayaan jadi perhatian kami guna peningkatan kualitas pendidikan di Bangka Selatan, sehingga dapat bersaing, baik lokal maupun nasional, " katanya.

Ia mengatakan sejalan dengan pemerintah pusat, mulai tahun depan setiap siswa SD akan dikawal sampai masuk ke ke tingkat SMP.

"Jadi melalui program ini, kami berupaya menyamakan kualitas pendidikan setiap anak yang ada di Bangka Selatan," katanya.

Pewarta: Eko Septianto Rasyim

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018