Toboali (Antaranews Babel)- Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan kegiatan bimtek supervisi guna meningkatkan kompetensi seluruh kepala sekolah yang ada di daerah itu dalam mengelola sekolah yang di pimpinnya.

"Bimtek terhadap 69 kepala sekolah mulai dari tingkat SD sampai SMP ini dilaksanakan agar mereka memeliki kemampuan yang cukup untuk mengola yang mereka pimpin, " Kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan, Eddy Supriadi di Toboali, Jumat.

Menurut dia, kepala sekolah berperan penting sebagai sentral untuk membawa perubahan terhadap sekolah menjadi institusi yang unggul dan berkualitas, untuk itu mereka harus mempunyai kemampuan baik.

"Kompetensi kepala sekolah sebagai supervisor sangatlah penting agar dapat merencanakan, melaksanakan dan menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam
rangka peningkatan profesionalisme guru dan kualitas pembelajaran," katanya.

Selain itu, sebagai orang yang memimpin sekolah, kepala sekolah memiliki beban peran dan tanggungjawab memantau, membina, dan memperbaiki proses belajar mengajar di kelas atau di sekolah.

"Dengan kata lain keberhasilan atau prestasi sebuah sekolah, baik itu akademik maupun non akademik tak lepas dari keberhasilan kepala sekolah dalam memanejerial sekolah yang di pimpinnya, " katanya.

Ia juga mengatakan agar kepala sekolah berhasil dalam melakukan perbaikan pengajaran, maka mereka perlu memahami dan menggunakan moel dan teknik yang dianggap tepat dalam melaksanakan supervisi.

"Untuk itu kemampuan kepala sekolah sangat penting sebagai supervisor, maka dari itu bimtek ini kami laksanakan agar mereka mendapat ilmu dan memahami tupoksinya, " katanya.

Pewarta: Eko Septianto Rasyim

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018