Sungailiat, Babel (Antaranews Babel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuka posko Gerakan Melindungi Hak Pemilih (GMHP), guna menyempurnakan Data Pemilih Tetap (DPT) di daerah itu.

"Kita mengantisipasi data pemilih yang bermasalah dan memastikan seluruh warga negara yang memenuhi syarat sebagai pemilih terdaftar secara valid menjadi pemilih pada Pemilu 2019," kata Komisioner Divisi Perencanaan dan Data Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka, M Hasan di Sungailiat, Kamis.

Dia mengatakan, posko layanan GMHP keliling dengan tujuan beberapa tempat yang dianggap strategis serta ramai dikunjungi masyarakat.

Menurut dia, posko pelayanan GMHP keliling sudah dilaksanakan di Puskesmas Riau Silip dan Halaman Mini Market Alfa Gemilang Desa Riau, di Kantor Dinas Dukcapil Bangka, Pemandian Air Panas Tirta Tapta Pemali, Pusat Perbelanjaan Puncak Belinyu serta berbagai tempat wisata.

"KPU Kabupaten Bangka telah membuka Posko Layanan GMPH ini sejak tanggal 1 Oktober sampai 28 Oktober 2018 mendatang, posko utama berada di Kantor KPU Bangka, Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta di 81 kantor desa atau kelurahan yang berada di Kabupaten Bangka," katanya.

Dia mengharapkan partisipasi aktif masyarakat untuk mendatangi posko layanan yang sudah disiapkan baik di kelurahan, desa, kecamatan serta posko keliling.

Masyarakat bisa mengecek namanya sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum dengan mendatangi petugas di posko layanan GMHP di daerahnya masing-masing.

KPU Kabupaten Bangka sudah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bangka terkait rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu Kabupaten mengenai verifikasi penduduk yang berusia di atas 70 tahun, hasilnya ditemukan sekitar 35 orang yang sudah meninggal dunia dan telah dikeluarkan dari daftar pemilih tetap hasil pemutakhiran (DPTHP) tahap satu.

Sementara, Komisioner Divisi Umum, Logistik dan Keuangan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka, Iman Supiar, mengatakan posko GMHP keliling banyak dikunjungi warga dengan menunjukkan KTP elektronik kepada petugas.

"Dari hasil monitoring kami, masih ditemukan masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih. Kami telah mengambil langkah agar nama mereka segera dimasukkan kedalam daftar pemilih, sehingga bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019," kata Iman.

Ditambahkannya bagi masyarakat yang memeriksa namanya di posko layanan GMHP ini mendapatkan souvenir berupa gelas atau mug cantik dari petugas.

Masyarakat juga bisa menggunakan androidnya untuk mengecek namanya di aplikasi KPU RI Pemilu 2019 atau website www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id dan segera melaporkan kepada PPS, PPK atau KPU kabupaten Bangka apabila belum terdaftar.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018