Sungailiat, Babel  (Antaranews Babel) - Aplikasi Sistem Rencana Pembangunan Desa atau "Si Rebung" segera diluncurkan di Kecamatan Puding Besar, Bangka, Babel sebagai aplikasi berbasis internet yang membantu desa dan kecamatan dalam menyusun serta mengarsipkan secara digital data perencanaan di desa.?

"Si Rebung ini untuk membantu meningkatkan kinerja, sehingga baik desa maupun kecamatan akan memiliki arsip digital," kata inisiator aplikasi "Si Rebung" yang juga Sekretaris Kecamatan Puding Besar, Syarli Nopriansyah di Sungailiat, Jumat.

Dia mengatakan, arsip digital bisa dibuka kapan saja, begitu juga masyarakat dapat mengetahui secara langsung dengan membuka aplikasi ini.?

Menurut dia, apa yang direncanakan desa dalam pembangunan baik visi dan misi, rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMDes), rencana kerja perangkat desa (RKPDes) dan rencana anggaran pembangunan belanja desa (RAPBDes) bisa dilakukannya.

"Si Rebung diharapkan bisa ikut sama-sama membantu mengingatkan dan mengawasi pemerintah desa dalam merencanakan pembangunan di desa," katanya.

Proses perencanaan sebagai tahapan pertama dan terpenting dalam sebuah pembangunan, sehingga perlu diketahui khalayak banyak dengan publikasi lewat Si Rebung.
Perencanaan yang dilakukan bersama antara pemerintah desa melalui aplikasi Si Rebung, diharapkan dapat membangun desa sesuai harapan semua pihak demi kesejahteraan masyarakat desa.?

"Petugas yang mengerjakan aplikasi Si Rebung untuk tiap desa sudah dilatih dan sekarang sedang bekerja memasukkan data Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) 2019, mudah-mudahan Sabtu ini diluncurkan," katanya.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018