Muntok  (Antaranews Babel) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggiatkan sosialisasi kepemiluan kepada kelompok masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019.

"Sosialisasi ke kelompok masyarakat terus dilakukan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat menyukseskan pesta demokrasi sekaligus memenuhi target 75 persen partisipasi dari 128.676 pemilih yang terdata di daerah itu," kata anggota KPU Kabupaten Bangka Barat, Yulizar di Muntok, Rabu.

Belasan orang pegiat seni yang tergabung dalam kelompok Kampuseni Muntok, beberapa hari lalu sudah didatangi petugas KPU Kabupaten Bangka Barat.

Para petugas memberikan materi sosialisasi ajakan datang ke tempat pemungutan suara, tahapan pemilu hingga tahapan setelah penghitungan suara diharapkan masyarakat semakin paham tata cara pencoblosan dan mengawal hasil pemungutan suara.

"Memberikan suara dalam pemilu merupakan hak pemilih, mereka wajib paham aturan kepemiluan agar haknya terpenuhi, melalui sosialisasi ini kami harapkan pemilih paham hal tersebut," katanya.

Selain menyosialisasikan kepemiluan ke pegiat seni pihaknya secara rutin mendatangi kelompok masyarakat sebagai upaya nyata dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

Pendidikan pemilih berbasis keluarga disampaikan dalam kegiatan forum warga Kerukunan Rumah Lame Muntok, kelompok keagamaan di Bedengmaras, Sungaibaru, penyandang disabilitas dan kelompok lainnya.

"Meningkatkan jumlah partisipasi pemilih dalam pemungutan suara bukan hanya tanggung jawab penyelenggara, kami berharap seluruh pihak membantu sosialisasi, terutama para peserta pemilu," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018