Sungailiat (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) setempat mengembangkan pembibitan ternak sapi guna meningkatkan populasi hewan ternak tersebut.

Melalui pengembangan pembibitan sapi, Wakil Bupati Bangka, Syahbudin di Sungailiat, Rabu mengatakan, program pengembangan jenis itu dapat mendorong perekonomian masyarakat.

"Pemerintah daerah mendukung penuh program pembibitan sapi baik yang dilakukan oleh unit pelaksanan pada dinas terkait maupun yang dikembangkan oleh masyarakat langsung," jelasnya.

Menurutnya, pembibitan ternak sapi adalah salah satu mewujudkan visi Bangka Setara pada sektor peningkatan perekonomian daerah yang berdaya saing dan berkelanjutan.

Tugas pokok dan fungsi UPTD Pembibitan adalah melakukan pembibitan dan budidaya bukan penggemukan.      

Pola penggaduhan sapi ke masyarakat petani ternak merupakan upaya membantu menyelesaikan terbatasnya dana operasional pada unit satuannya.

"Tercatat di UPTD itu, sebanyak 54 ekor sapi Bali dan sapi Limosin sebanyak 16 ekor, saya berharap jumlah sapi tersebut terus bertambah," katanya.

Wabup menyarankan pembibitan ternak sapi harus dikelola dengan maksimal sehingga mampu berkembang lebih banyak sesuai yang diharapkan.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018