Puding Besar, Bangka (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Hari Kesatuan Gerakkan Keluarga Berencana (KB) Kesehatan dan Bhakti Sosial TNI KB Kesehatan mengharapkan seluruh instansi dan masyarakat dapat satukan langkah mewujudkan keluarga berkualitas.

"Kami selaku pembina penggerak kesejahteraan keluarga mengharapkan semua pihak dapat satukan langkah mewujudkan keluarga berkualitas di daerah ini," kata Ketua Pembina Penggerak Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Bangka, Yusmiati Mulkan di Puding Besar, Kamis.

Dia mengatakan, keberhasilan program KB kesehatan telah memberikan kontribusi yang cukup berarti dalam upaya mengendalikan kuantitas penduduk dan peningkatan kualitas SDM Indonesia dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga dan sekaligus mempercepat terwujudnya keluarga kecil, bahagia dan sejahtera.

Kegiatan ini juga diharapkan peran serta pria agar ada keadilan serta kesetaraan gender untuk lebih memfokuskan berbagai kegiatan yang tujuannya untuk mendapatkan pelayan KB dan kesehatan secara maksimal.

"Kegiatan ini untuk meningkatkan cakupan pelayanan berkualitas dalam program PKK, KB dan kesehatan serta untuk mengendalikan kuantitas penduduk dan untuk meningkatkan kualitas SDM," katanya.

Sementara, Bupati Bangka, Mulkan diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kabupaten Bangka, Teddy Sudarsono, mengatakan keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam membangun peradaban bangsa, suatu bangsa akan kuat dan sejahtera jika keluarga juga kuat dan sejahtera.

"Setiap keluarga di Indonesia harus berupaya untuk menjaga kualitas seutuhnya, ditengah keluarga pula anak bangsa memperoleh landasan dasar pendidikan, kesehatan, kasih sayang, rasa tentram dan rasa saling memiliki," kata Teddy Sudarsono.

Dikatakannya, pogram Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) merupakan salah satu program yang mendukung agenda prioritas nasional Nawacita terutama yang berkaitan dengan dimensi pembangunan kualitas SDM Indonesia, melalui pendekatan keluarga.

Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan merupakan salah satu satu agenda yang telah diprogramkan oleh TP PKK sebagai wadah menyikapi dan menampung berbagai perubahan serta tingkat kebutuhan yang terus berkembang dalam gerakan PKK, terutama menyangkut program kegiatan yang menjadi bagian penting untuk mewujudkan aspek pemberdayaan dan kemitraan dalam mendukung kinerja pemerintah di setiap tingkatan.

Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan adalah intensifikasi peran PKK dalam program KB Nasional dan pembangunan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu dengan lintas sektoral terkait di semua tingkat wilayah dalam rangka membangun keluarga yang sejahtera.

"Semua untuk meningkatkan cakupan pelayanan yang berkualitas dalam program PKK, KB dan kesehatan, sesuai dengan tema "Kita wujudkan kinerja gerakan PKK melalui penguatan dasa wisma dalam mempercepat capaian program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga menuju masyarakat yang sejahtera"," katanya.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018