Pangkalpinang,  (Antaranews Babel) - Sebanyak 241 Aparatur Negeri Sipil (ANS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel)  yang akan memasuki masa pensiun tahun 2018–2020 mengikuti pembekalan pensiun Bank Mandiri Taspen sebagai Mitra Bayar PT. Taspen (Persero).

"Pembekalan ini kita beri untuk para pegawai yang akan memasuki masa pensiun agar nanti mereka dapat  mengatur keuangannya," kata Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum Dan Politik, Syahruddin.

Ia mengatakan, secara psikologi kondisi pegawai yang memasuki masa pensiun akan berubah. Perubahan itu terjadi diakibatkan berbagai hal, dari perubahan penghasilan yang diterima tiap bulan, dimana jumlahnya tidak sebesar yang diterima saat masih bekerja.

Oleh karena itu Pemprov Babel bersama PT. Taspen dan Bank Mandiri memberikan solusi dalam perencanaan manajemen keuangan para pegawai yang akan pensiun ini.

"Bersama PT Taspen dan Bank Mandiri kita berikan pembekalan untuk para ASN sehingga nanti setelah pensiun, para pegawai ini tetap bisa mengelola keuangan," ujarnya.

Sementara Kepala Kantor PT Taspen (Persero) Cabang Pangkalpinang, Mulyono mengatakan, Taspen terus berupaya meningkatkan pelayanan, terutama dalam hal pencairan dana pensiun bagi para ASN yang telah memasuki masa Pensiun.

"Kita bekerjasama dengan Bank Mandiri  untuk pencairan dana pensiun dapat melalui ATM masing-masing pegawai. Dengan begitu, para pegawai bisa melakukan penarikan tanpa mendatangi kantor Taspen," ujarnya.

Kepala Divisi Loyalty PT Bank Mandiri Taspen Pusat menambahkan, sebagai Mitra Bayar PT. Taspen memiliki beberapa program untuk pengelolaan dana pensiun ini. Bank Mandiri Taspen menyempurnakan program taspen sehingga pengelolaan dana pensiun ini bisa tepat waktu saat penerimaannya dan tepat pemanfaatannya.

"Bank Mandiri juga mendorong para pensiunan ini nanti mempunyai kegiatan baru sebagai second opinion, sehingga tetap mempunyai semangat untuk menjadi enterprenuer atau wirausaha," ujarnya.

Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDM) Babel mencatat, sebanyak 241 ASN Pemprov Babel pada tahun 2018 -2020 yang akan purnabhakti. Di 2018 ada 64 orang, di 2018 ada 55 orang dan 70 orang pada tahun 2020 serta 52 orang yang mengajukan Pensiun Dini.


 

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018