Sungailiat, Babel (Antaranews Babel) - Wakil Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengharapkan kader koordinator Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan kader sub PPKBD serta kader KB dapat meningkatkan peserta KB di daerah itu.

"Program kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangun Keluarga (KKBPK) adalah program yang sangat strategis dalam kontek pembangunan nasional dan tidak hanya ditempatkan sebagai program pembangunan dan pemberdayaan keluarga," kata Wakil Bupati Bangka, Syahbudin di Sungailiat, Jumat.

Dia mengatakan jumlah penduduk yang besar bila tidak disertai dengan kualitas maka hanya akan menjadi beban bagi pembangunan, sebaliknya jumlah penduduk yang terkendali dengan kualitas yang unggul akan menjadi daerah dan negara yang unggul dan berdaya saing.

Menurutnya jumlah penduduk yang besar tidak selalu menjadi kekuatan pembangunan bila tidak disertai dengan SDM yang berkualitas.

"Program KB juga turut mengatur jumlah penduduk yang ada, sehingga tidak terjadi ledakan penduduk yang akan mempengaruhi perubahan kehidupan sosial, seperti kebutuhan pendidik, kesehatan, tenaga kerja, sandang, pangan, papan dan keamanan," katanya.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, maka pembagian urusan pemerintahan di bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana kepada daerah kabupaten/ kota yaitu, pengendalian penduduk meliputi pemaduan dan singkronisasi kebijakan pemerintah daerah, provinsi dengan pemerintah kabupaten/ kota dalam rangka pengendalian kuantitas penduduk.

Bidang KB meliputi pelaksanaan advokasi, KIE pengendalian penduduk dan KB sesuai kearifan budaya lokal, pendayagunaan tenaga penyuluh KB atau petugas lapangan KB.

Selain itu keluarga sejahtera meliputi pelaksanaan pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, pelaksanaan dan peningkatan peran serta organisasi kemasyarakatan tingkat kabupaten dan kota dalam pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

"Kader koordinator PPKBD dan sub PKKBD kami mengharapkan keseriusan dan kerja keras guna meningkatkan keikutsertaan KB baru dan KB aktif serta meningkatkan kualitas jangkauan pelayanan KB melalui klinik pemerintah dan fasilitas kesehatan lainnya," katanya.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018