Sungailiat, Babel (Antaranews Babel) - Kudapan Tulang Ikan Gabus "Kutuga" milik Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juara harapan tingkat nasional setelah dinilai sembilan orang juri.

"Olahan ikan gabus ini berhasil mewakili tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung setelah menyisihkan kabupaten/ kota lain, jadi kita yang ikut lombanya," kata Ketua Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Bangka, Yusmiati Mulkan di Sungailiat, Jumat.

Dia mengatakan, tidak sia-sia hasil perjuangan ibu-ibu Kabupaten Bangka mempersiapkan olahan serba dari ikan gabus.

Menurutnya makanan kategori kudapan khusus balita yang diberi nama "Kutuga" berupa kue brownis dengan cita rasa manis pandan.

"Kutuga" yang terbuat dari kombinasi tepung brownis dan tulang ikan gabus yang sudah diolah menghasilkan kue yang bisa disajikan dan aman untuk dikonsumsi balita," katanya.

Makanan karya ibu-ibu dari Desa Mendo Barat binaan PKK Kabupaten Bangka ini terinspirasi karena kayanya kandungan Omega 3 pada daging maupun tulang ikan gabus yang banyak didapat di perairan air tawar di Kabupaten Bangka.

Kandungan ini sangat dibutuhkan tubuh manusia khsususnya anak-anak pada masa pertumbuhan tulang dan tubuh.

Zat kandungan dalam ikan gabus pun sangat bermanfaat bagi otak dan regenerasi sel otot dan jaringan tubuh pasca operasi.

"Kudapan lainnya ada makanan lemak manis asam bergo ubi ungu yang diolah dan disaji bersama kuah santan kuning yang menggoda "Berbigu" juara harapan II tingkat nasional," katanya.

Dia berharap kedepan akan ada lagi kreasi cantik dan menarik penganan khas Bangka yang bertengger dijajaran tingkat nasional dan bagi warga yang penasaran dengan makanan "Kutuga" dan "Berbigu" dipersilakan datang ke kantor PKK Kabupaten Bangka.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018