Muntok, Babel (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyerahkan sejumlah sarana dan prasarana tangkap dan budi daya ikan kepada kelompok nelayan.

"Kami harapkan bantuan berupa sarana dan prasarana tangkap dan budi daya ini bisa dimanfaatkan anggota kelompok penerima dan memotivasi warga nelayan semakin mandiri," kata Bupati Bangka Barat, Parhan Ali di Muntok, Rabu.

Sejumlah bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Parhan Ali, antara lain 35 unit mesin tempel kapal, 1500 unit jaring ikan dan jaring udang, lima unit kapal lengkap dengan alat tangkapnya, jaring apung dan bibit ikan bandeng.

Bantuan tersebut seluruhnya talah dianggarkan pemkab setempat melalui anggaran dan pendapatan belanja daerah Kabupaten Bangka Barat pada 2018.

"Pemerintah akan terus berupaya untuk meningkatkan taraf hidup nelayan dan petani budi daya ikan dengan berbagai program, salah satunya dengan bantuan sarana dan prasarana penangkapan ikan dan pembudi daya ikan," katanya.

Bantuan itu bertujuan agar para nelayan dan pembudi daya ikan memiliki perlengkapan yang memadai sehjngga bisa meningkatkan usahanya.

"Melalui bantuan itu diharapkan mampu memotivasi para penerima sehingga semakin giat bekerja dan dapat meningkatkan produksi tangkapan maupun hasil budi daya," katanya.

Demi meningkatkan kemandirian masyarakat, khususnya para nelayan tangkap dan budi daya diharapkan seluruh pemangku kepentingan mendukung bernagai program yang direncanakan pemerintah bersama masyarakat.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018