Koba, Babel (Antaranews Babel) - Sebanyak 25 calon relawan demokrasi sudah mendaftar di KPU Kabupaten Bangka Tengah, untuk membantu tugas penyelenggara pemilu dalam menyukseskan pesta demokrasi 2019 di daerah itu.

"Hingga sekarang sebanyak 25 calon relawan demokrasi sudah mendaftar di KPU, berkasnya sudah kami terima untuk diproses dan diseleksi," kata anggota KPU Bangka Tengah, Hendra Sinaga di Koba, Kamis.

Secara keseluruhan pihak KPU membutuhkan sebanyak 55 relawan demokrasi untuk membantu mereka dalam menyukseskan Pemilu 2019.

"Pendaftaran relawan demokrasi gelombang pertama akan ditutup pada 19 Januari 2019, kami optimistis akan terpenuhi kuota 55 orang yang kami butuhkan," ujarnya.

Ia mengatakan, tugas dan tanggung jawab relawan demokrasi adalah membantu pihak KPU melakukan edukasi dalam rangka mencerdaskan pemilih.

"Pada intinya tugas mereka bagaimana bisa meningkatkan partisipasi pemilih sesuai dengan target KPU RI yaitu 77,05 persen," ujarnya.

Pihak KPU berupaya menjaga kualitas dan kuantitas pemilih yang datang ke TPS pada Pemilu 2019 yang diselenggarakan secara serentak seluruh Indonesia.

"Kami tidak hanya berbicara kuantitas pemilih yang datang ke TPS, tetapi juga kualitas pemilih maka ini tugas relawan demokrasi untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pemilih," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019