Koba, Babel (Antaranews Babel) - Sebanyak 98 calon relawan demokrasi yang akan membantu menyukseskan Pemilu 2019 mendaftar di KPU Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Hingga hari terakhir pendaftaran sudah tercatat sebanyak 98 calon relawan demokrasi yang memasukkan berkas," kata anggota KPU Kabupaten Bangka Tengah, Hendra Sinaga di Koba, Selasa.

Pihak KPU membutuhkan sebanyak 55 relawan demokrasi yang akan membantu tugas penyelenggara pemilu untuk menyukseskan Pemilu 2019 digelar pada April 2019.

"Dari 98 calon relawan demokrasi tersebut, nanti akan diseleksi lagi dan akan ditetapkan sebanyak 55 orang yang menjadi ujung tombak KPU untuk menyosialisasikan tentang pemilu partisipatif di masyarakat," ujarnya.

Ia menjelaskan, tugas pokok relawan demokrasi yaitu memberikan pendidikan demokrasi kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih.

"Setelah selesai pemeriksaan berkas, nanti akan ada sesi wawancara untuk calon relawan demokrasi agar benar-benar tersaring dengan baik sesuai harapan kami," ujarnya.

Ia mengatakan, integritas calon relawan demokrasi tetap menjadi pertimbangan yang kuat dalam penjaringan karena mereka adalah bagian dari penyelenggara yang bersifat netral.

"Intinya mereka membantu kami bagaimana meningkatkan partisipasi pemilih sesuai dengan target KPU RI partisipasi pemilih Pemilu 2019 sebesar 77 persen," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019