Koba, Babel (Antaranews Babel) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengukuhkan sebanyak 55 relawan demokrasi, untuk membantu penyelenggara pemilu menyukseskan pesta demokrasi.

"Sebanyak 55 relawan demokrasi ini kami kukuhkan setelah mereka dinyatakan lolos seleksi beberapa waktu lalu," kata anggota KPU Kabupaten Bangka Tengah, Hendra Sinaga di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, relawan demokrasi ini ditunjuk untuk menjadi ujung tombak membantu pihak KPU dalam menyosialisasikan tentang kepemiluan kepada masyarakat dengan harapan bisa meningkatkan partisipasi pemilih.

"Kami sangat percaya 55 relawan demokrasi ini mampu bekerja secara profesional, kapabilitas dan kompetensi di bidang tugas mereka masing-masing," ujarnya.

Ia mengatakan, relawan demokrasi yang telah dikukuhkan itu tersebar pada enam kecamatan yang ada di Bangka Tengah dengan masa kerja selama tiga bulan terhitung 1 Februari dan berakhir 30 April 2019.

"Sebanyak 55 relawan demokrasi ini terdiri dari Kecamatan Koba sebanyak 13 orang, Kecamatan Lubuk Besar sembilan orang, Kecamatan Namang enam orang, Kecamatan Sungaiselan  10 orang, Kecamatan Simpangkatis sembilan orang, dan Kecamatan Pangkalanbaru sebanyak delapan orang," jelasnya.

Relawan demokrasi juga nantinya menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih.

"Ini bentuk peran serta masyarakat yang diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran serta tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pemilu secara optimal," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019