Sungailiat, Babel (Antaranews Babel) - Pihak Polres Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan 10 sampai 12 personel polisi untuk menjaga klenteng di tiga titik dalam perayaan Imlek.

"Kami menyiapkan sebanyak kurang lebih 10 sampai 12 personel polisi untuk pengamanan kegiatan perayaan Imlek di tiga titik yaitu di kleteng pasar Sungailiat, kleteng di jalan laut dan llenteng Desa Rebo," kata Kapolres Bangka AKBP M. Budi Ariyanto melalui Kabag Ops Kompol Sopian, di Sungailiat, Senin.

Selain personel polisi yang ditugaskan pengamanan klenteng, pihaknya juga menyiapkan sebanyak delapan personel polisi untuk melakukan mobilitas pengawasan atau patroli kegiatan Imlek serta delapan personel polisi tim tindak.

"Meskipun perayaan Imlek tidak terlalu ramai dibandingkan dengan perayaan sembahyang rebut, namun tetap kami lakukan pengamanan guna mengantisipasi sesuatu hal yang tidak diinginkan," jelasnya.

Pengamanan perayaan Imlek dilakukan sebagaimana instruksi langsung dari pimpinan tertinggi Mabes Polri dan Polda Bangka Belitung sebagai mana surat telegram rahasia (TR) yang diterimanya untuk meningkatkan kewaspadaan.

Rangkaian kegiatan dimulai hari ini, Senin sore dengan apel bersama dilanjutkan pengamanan di klenteng sesuai jadwal untuk malam hari sampai besok, Selasa (5/2).

"Saya imbau seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban guna kepentingan bersama," katanya.

Menurutnya, peran masyarakat menjaga keamanan dan keterbitan berada digarda terdepan, dan segera melaporkan kepihak kepolisian terdekat jika ada ancaman gangguan keamanan dan ketertiban.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019