Koba (Antaranews Babel) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memantau proses perakitan kotak suara di KPU setempat.

"Pemantauan ini kami lakukan untuk memastikan proses perakitan kotak suara sesuai dengan standar operasional," kata Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan, pihak Bawaslu menemukan sebanyak empat kotak suara yang rusak dan itu sudah memasuk dalam laporan Bawaslu Bangka Tengah.

"Kerusakan itu tidak menjadi masalah pihak KPU tentu akan meminta dikirim pengganti kotak suara yang rusak kepada KPU RI," ujarnya.

Sementara Ketua KPU Bangka Tengah, Rusdi mengatakan hingga sekarang sudah sebanyak 2.000 kotak suara yang berhasil dirakit dan disusun dengan rapi di dalam gudang.

"Setelah dirakit maka kotak suara itu disimpan dengan rapi di dalam gudang, kami menjamin kotak suara itu aman hingga nanti didistribusikan ke TPS," ujarnya.

Terkait kotak suara yang rusak, kata Rusdi sudah disampaikan kepada KPU RI melalui KPU Bangka Belitung untuk segera dikirim penggantinya.

"Makanya perakitan kotak suara ini kami lakukan lebih awal untuk mengantisipasi adanya kotak suara yang rusak maka masih panjang waktu untuk dikirim pengganti yang rusak," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019