Sungailiat, Babel (Antaranews Babel) - Kepala Bidang Kemitraan PT Timah Tbk, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erwan Sudarto mengatakan pihaknya memberikan pendampingan dan promosi bagi usaha kecil menengah (UKM) di daerahnya guna memaksimalkan mengembangkan usahnya.

"Pendampingan yang diberikan perusahaan termasuk membantu promosi bagi UKM dimaksudkan agar usaha masyarakat tersebut dapat tumbuh dan berkembang dengan baik," kata Erwan Sudarto di Sungailiat, Senin.

Dia mengatakan, PT Timah Tbk sebagai perusahaan BUMN memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan melalui program CSR lewat Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dan program pengembangan pemberdayaan masyarakat.

"Pembinaan untuk UKM-UKM yang ada di PT  Timah bersifat promosi maupun pendampingan sedangkan usaha lainnya bisa dilakukan namun bersifat koperasi maupun BUMDes," katanya.

Menurutnya, bantuan atau pembinaan diberikan bagi UKM tersebut pada sektor perdagangan, pertanian, perkebunan, perikanan, jasa, industri kreatif, usaha lainnya.

Sedangkan untuk bina lingkungan PT Timah Tbk memiliki tujuh sektor bantuan yakni bencana alam, pendidikan, peningkatan kesehatan, pengembangan prasarana, sarana ibadah, pelestarian alam dan sosial kemasyarakatan.

"Dalam kegiatan program kemitraan kita ingin meningkatkan perekonomian masyarakat termasuk memberikan kesempatan bagi BUMDes mengikuti program tersebut," jelasnya.

Dikatakan, salah satu BUMDes yang sudah mengikuti programnya yakni BUMDes dari Kabupaten Bangka Barat di sektor perkebunan karet dan sudah berjalan selama enam bulan.

"Saya melihat, ada perkembangan yang cukup baik dari BUMDes tersebut setelah mengikuti program kami," jelasnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019