Sungailiat (Antaranews Babel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memberikan pelayanan obat cacing albendazole bagi balita usia 12 sampai 23 bulan.

Kasi Pencegahan dan Pengedalian Penyakit Menular, Surveilans, dan Imuniasi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Sopianto di Sungailiat, Senin mengatakan, pemberian obat cacing tersebut bisa menjadi intervensi efektif dalam mencegah stunting.

"Pemberian obat cacing albendazole dipusatkan di Posyandu yang terintegrasi dengan layanan imunisasi dasar," jelasnya.

Obat cacing albendazole adalah obat yang digunakan untuk menangani infeksi cacing pita tertentu, misalnya neurocysticercosis. Obat ini juga dapat digunakan mengobati jenis infeksi cacing lain.

Dikatakan, pemberian obat cacing pada anak tersebut sesuai usai yang dimaksudkan sangat penting karena berdasarkan survei kecacingan melalui pemeriksaan tinja pada anak sekolah masih cukup tinggi sebesar 22 persen.

"Pemberian obat cacing albendazole penting dilakukan mengingat Kabupaten Bangka menjadi prioritas penanganan stunting pada anak balita," jelasnya.

Dia mengatakan, stunting adalah gangguan tumbuh kembang yang menjadikan anak tumbuh pendek akibat kekurangan gizi dan faktor terkait kesehatan lingkungan.

Tercatat selama bulan Februari sudah ada 607 anak mendapatkan obat cacing albendazole yang disediakan di setiap posyandu dan Puskesmas dengan jumlah target sebanyak 6.507 anak.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019