Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Gubernur  Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menekankan pengadaan barang dan jasa yang sifatnya penunjukkan langsung harus melalui lelang elektronik, sesuai arahan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Sesuai arahan dari KPK pada 2018 kemarin, sudah seharusnya kita memulai kegiatan yang bersifat pemilihan langsung melalui lelang elektronik," kata Gubernur Babel, Erzaldi Rosman di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan, pelaksanaan barang dan jasa yang dilaksanakan di Babel harus berjalan sesuai aturan yang berlaku, dan KPK tetap akan melakukan pengawasan dan akan mengintervensi pekerjaan yang dilakukan agar sesuai dengan aturan.

Selain itu, para pejabat eselon empat, tiga dan dua yang belum mempunyai sertifikat, wajib memiliki sertifikat, karena mereka sebagi pelaksana harus mengerti kebijakan pengadaan barang dan jasa.

Pemegang sertifikat pengadaan barang dan jasa juga harus mengetahui kebijakan dan alur pengadaan barang dan jasa. Jangan sampai untuk pengadaan barang dan jasa menunjuk staf, karena semua ini untuk menghindari terjadinya penyimpangan.

"Paket non tender yang biasanya masih dilaksanakan secara manual, mulai tahun ini diwajibkan menggunakan sistem pengadaan barang dan jasa secara elektronik atau SPSE," ujarnya.

Analis Sistem Informasi Unit Kerja Direkorat Pengembangan Stategi dan Kebijakan Pengadaan Umum  LKPP, Andi Darmawan mengatakan, dalam pengadaan barang dan jasa, seorang pejabat harus mengetahui alur dan sistem pengadaan barang dan jasa yang ada, sehingga dapat melakukan dan melaksanakan pengadaan barang dan jasa sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Seorang pejabat pengadaan harus memilki sertifikat pengadaan barang dan jasa yang berlaku," ujarnya.

Selain itu, dalam pengadaan barang dan jasa terdapat alur yang harus diikuti oleh pejabat pengadaan, yang mana dimulai dari pemesanan kepada penyedia, lalu penyedia akan melakukan serah terima dan menyerahkan bukti pembelian atau pembayaran untuk kuitansi yang ditujukan kepada PPK.

"PPK dalam pelaksanaan tahap pengadaan langsung dapat dibantu oleh tim pendukung yang ada," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019