Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah, mengukuhkan Kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Babel, yang sebelumnya dilantik oleh Ketua Umum DPP IWAPI, Dyah Anita Prihapsari.

"IWAPI merupakan mitra pemerintah dalam menggerakkan ekonomi masyarakat. Pemerintah menaruh harapan besar bagi IWAPI untuk melakukan pembinaan, pendampingan, dan meningakatkan jaringan pemasaran produk pelaku usaha di Babel khususnya UMKM," kata Abdul Fatah, di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, IWAPI ini merupakan mitra pemerintah, bukan underbow, bukan pula organisasi politik, tapi berbasis bisnis para wanita Indonesia. IWAPI diharapkan dapat mendukung pembangunan bidang pariwisata dan pengembangan UMKM.

"Kita berharap hadirnya IWAPI di Babel dapat membantu UMKM kita untuk meningkatkan pengelolaan bisnis, peluang usaha termasuk akses permodalan," ujarnya.

Sementara Ketua DPP IWAPI, Dyah Anita Prihapsari mengatakan, IWAPI adalah organisasi profesi dibawah Kamar Dagang Industri atau Kadin. IWAPI bukan organisasi politik maupun organisasi sosial.

IWAPI fokus pada tiga program, yaitu meningkatkan sumberdaya manusia, marketing atau membuka jaringan dan segi finansial yaitu bagaimana caranya untuk menambah modal.

"Dari ketiga fokus tersebut, IWAPI juga mempunyai kemitraan strategis dengan beberapa lembaga," ujarnya.

Pada era teknologi digital 4.0 ini, dirinya meminta para pelaku usaha khususnya para anggota IWAPI, untuk bisa memanfaatkannya sebagai upaya untuk meningkatkan pangsa pasar.

IWAPI juga melatih bisnis memanfaatkan media daring. Sudah 3.200 perempuan IWAPI yang melakukan digital marketing. Literasi keuangan baik melalui perbankan maupun nonperbankan juga sudah dilakukan.

Sebagai pendorong perekonomian daerah, IWAPI diminta melakukan usaha di bidang pertanian dan peternakan. Saat ini, sebanyak 40 ribu pengusaha wanita di IWAPI dengan presentase mencapai 85 persen berasal dari usaha mikro dan kecil.

"Saya harap para pengurus DPD segera membuat agenda Rakerda dan Pleno, karena IWAPI bukan hanya organisasi yang sekedar kumpul-kumpul untuk arisan, tapi diarahkan pada bidang ekonomi dan pemberdayaan perempuan," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019