Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh mengatakan "cold storage" atau gudang penyimpanan ikan bagian dari solusi untuk menstabilkan harga ikan para nelayan.

"Cold storage ini kami bangun untuk membantu para nelayan karena mampu menstabilkan harga ikan," katanya di Koba, Senin.

Hal itu dikemukakan Ibnu Saleh saat meresmikan pembangunan cold storage di Desa Kurau dengan kapasitas 30 ton yang dananya bersumber dari APBN.

"Saya minta para nelayan dapat memanfaatkan cold storage ini, kapasitas 30 ton itu lumayan banyak dan saat hasil tangkapan melimpah maka bisa disimpan di gudang ikan ini," ujarnya.

Ia mengatakan, dengan adanya cold storage tentu para nelayan bisa menyimpan ikan atau tidak perlu terburu-buru menjual hasil tangkapan mereka.

"Kalau tangkapan melimpah, tentu harga akan turun maka nelayan bisa melakukan penyimpanan dulu sembari menunggu harga normal sehingga harga menjadi stabil," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, Dedy Muchdiyat mengatakan pembangunan cold storage ini sudah direncanakan sejak tiga tahun lalu.

"Kami mengusulkan ke pemerintah melalui dana APBN pembangunan cold storage ini sejak tiga tahun lalu, pada 2018 pembangunannya terwujud dan ini sangat menguntungkan nelayan," ujarnya.

Ia mengatakan, cold storage merupakan bagian dari solusi dari pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan di daerah itu.

"Berbagai cara kami lakukan untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan, di antaranya adalah dengan membangun cold storage," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019