BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menargetkan di 2019 ini setiap Kampung KB harus ada rumah data kependudukan, dimana fungsi rumah data kependudukan ini sebagai basis data dan informasi serta pusat intervensi pembangunan.

"Selain itu, Kampung KB juga harus memiliki Poktan BKB, BKR, BKL dan kelompok ekonomi produktif yaitu UPPKS," kata Kepala Perwakilan BKKBN Babel, Etna Estelia, di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan, adapun tujuan dari pembentukan Rumah Data Kependudukan adalah untuk mendorong kebijakan kependudukan melalui program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) serta meningkatkan tata kelola pembangunan di tingkat desa atau kampung berbasis data dengan berintegrasikan dengan data yang lain.

"Kita harus dapat wujudkan sinkronisasi kegiatan dan penganggaran baik lintas program, bidang maupun kegiatan provinsi dan kabupaten/kota serta sinkronisasi lintas sektor dan bekerjasama dengan seluruh mitra kerja serta stakeholder," ujarnya.

Tahun 2019 ini merupakan tahun terakhir implementasi RPJMN dan Renstra 2015-2019. Sehingga ini memerlukan perhatian khusus baik pemerintah maupun tingkat provinsi, kabupaten/kota agar dalam pelaksanaan program dapat berjalan dengan lancar.

"Adapun sasaran-sasaran strategis yang harus dicapai pada tahun 2019 yang tertera dalam dokumen kontrak kinerja Provinsi program KKBPK yang sudah ditanda tangani bersama pada acara pencanangan IBI KB Kes yang dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2019 di Pangkal Pinang," ujarnya.

Etna menambahkan, berdasarkan data program Pembangunan Keluarga pada statistik rutin sampai dengan bulan Desember tahun 2018, jumlah keluarga yang menjadi anggota AKTIF kelompok BKB sebesar 82,63 persen. Jumlah keluarga yang menjadi anggota AKTIF kelompok BKR sebesar 77,93 persen. Jumlah keluarga yang menjadi anggota AKTIF kelompok BKL sebesar  78,07 Persen.

"Dan jumlah anggota kelompok PIK R/M sebanyak 231 kelompok (Tumbuh 71,4 persen = 167 kelompok, Tegak 18,6 persen = 43 kelompok, dan Tegar 13,8 persen = 23 kelompok). Jumlah keluarga yang menjadi anggota kelompok UPPKS sebesar 1.942," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019