Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan menyarankan seluruh guru di daerahnya lebih fokus dalam memberikan pembinaan kepada seluruh siswanya.

"Saya sarankan agar seluruh guru mulai tingkat usia dini sampai tingkat menengah pertama untuk lebih fokus memberikan pembinaan kepada siswanya," katanya di Sungailiat, Rabu saat meresmikan gedung SMP Negeri 2 Sungailiat.

Dia mengatakan, kegiatan mengajar seorang guru di sekolah diatur dalam ketentuan aturan yang berlaku termasuk memberikan pembinaan keterampilan siswa.

"Selama guru di sekolah menjalankan tugas sesuai dengan pedomanan dan ketentuan yang berlaku, guru tersebut tidak dapat disalahkan," katanya.

Bupati juga menyarankan pihak SMP Negeri 2, agar gedung yang dibangun dari anggaran pendapatan belanja negera itu dapat digunakan sesuai peruntukannya.

Gedung baru SMP Negeri 2 Sungailiat yang dibangun senilai lebih kurang Rp1 miliar dipergunakan untuk ruang kerja sekolah dan diharapkan dapat mendukung meningkatkan kualitas pendidikan.

Sementara Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Enang Ahmadi menyarankan agar pemerintah daerah dapat menerapkan lingkungan sekolah yang memberikan rasa nyaman bagi siswa.

"Lingkungan sekolah yang nyaman dan aman dapat mendukung meningkatkan kualitas pendidikan karena para siswa di sekolah itu merasa lebih betah," jelasnya.

Enang Ahmadi mengatakan, terjadinya tindak kekerasan yang dilakukan oleh seorang murid kepada guru di sejumlah tempat hendaknya tidak terjadi di pendidikan di Kabupaten Bangka.

"Tindak kekerasan seorang murid yang menganiaya  gurunya seperti yang terjadi di tempat lain di Indonesia, hendaknya jangan sampai terulang lagi dan jangan terjadi di Kabupaten Bangka," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019